Sayuran yang Paling Sehat Dikonsumsi, Manfaatnya Banyak Banget

spinach-2216967_640

Sayur-mayur adalah salah satu jenis makanan sehat yang penting kita konsumsi secara rutin. Sayuran mengandung serat yang bisa melancarkan pencernaan. Selain itu, sayuran juga pasti mengandung vitamin yang berfungsi untuk menyehatkan dan memaksimalkan kinerja organ-organ tubuh.

Makanya, setiap jenis sayuran di dunia ini pasti bermanfaat buat kita. Namun, adakah jenis sayuran yang secara umum punya lebih banyak manfaat dibanding sayuran lain? Ada, misalnya enam sayur berikut ini. Yuk, sering konsumsi!

1. Bayam 

Bayam biasanya dikenal sebagai sayuran yang kaya zat besi yang penting dalam produksi hemoglobin untuk mengikat oksigen dalam darah. Namun, kandungan dan manfaat bayam lebih banyak daripada itu. Healthline menyebut beberapa di antaranya, misalnya vitamin A yang penting untuk kesehatan mata.

Selain itu, bayam juga mengandung banyak vitamin K yang berperan dalam proses pembekuan darah bila terjadi luka. Kandungan antioksidan dalam bayam juga penting untuk mencegah kanker dan penuaan dini, lho. Plus, bayam juga bisa membantu menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

 

2. Kale

Sayur kale memang belum begitu populer di Indonesia. Namun, semakin banyak orang yang mengenal dan mengonsumsi kale karena manfaatnya yang luar biasa. Sayuran hijau yang daunnya tidak mulus ini bahkan sampai dijuluki ratunya sayuran karena kandungan nutrisinya yang sangat kaya!

Itu mencakup vitamin A, C dan K, zat besi, mangan, kalsium, kalium, magnesium, dan banyak lagi. Makanya, sayuran ini berfaedah untuk kesehatan hampir seluruh bagian tubuh.

Selain itu, laman Healthline menyebut bahwa kale punya tekstur yang renyah sehingga nikmat dijadikan salad. Artinya, kale adalah paket lengkap sayuran yang sehat sekaligus enak!

 

3. Brokoli 

Banyak manfaat juga bisa kamu dapatkan kalau rajin makan brokoli. Sayuran yang berbentuk seperti pohon ini bagus untuk memerangi kolesterol tinggi, memperkuat tulang, menyehatkan mata, dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Bahkan, kandungan kaempferol dan sulforafan pada brokoli bisa mencegah penurun fungsi otak karena faktor usia, lho.

 

4. Wortel 

Tak hanya sayuran hijau, sayuran yang memiliki warna lain seperti wortel pun bisa dianggap sebagai salah satu sayuran paling sehat. Selama ini, wortel memang lebih banyak dikenal sebagai sumber vitamin A yang luar biasa. Namun, sayuran jingga ini masih punya banyak manfaat lain.

Wortel mengandung biotin alias vitamin B7, misalnya, yang berfungsi untuk metabolisme protein dan lemak. Kandungan vitamin B6 dalam wortel juga penting untuk membantu konversi makanan menjadi energi. Selain itu, tentu saja kandungan serat yang vital penting untuk melancarkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan.

 

5. Tomat 

Tomat kadang disebut sebagai sayur, namun tak jarang pula dianggap buah. Yang jelas, banyaknya kandungan nutrisi penting dalam tomat gak perlu diragukan lagi. Salah satu yang paling utama tentu adalah vitamin C. Laman Healthline menyebut bahwa satu buah tomat berukuran sedang sudah memenuhi 28 persen kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, tomat juga terkenal mengandung banyak air sehingga bagus untuk menghidrasi tubuh. Mengonsumsi tomat juga bisa menyehatkan kulit, terutama melindungi dari paparan sinar matahari. Cocok banget makan tomat saat sedang musim kemarau seperti ini!

sumber: https://www.idntimes.com/food/diet/peter-eduard/sayuran-paling-sehat-dikonsumsi-c1c2/6